fotoperiodisme tumbuhan pdf reader. Quote. Postby Just» Tue Aug 28, 20 am. Looking for fotoperiodisme tumbuhan pdf reader. Will be grateful for any. Peranan Cahaya Terhadap Tumbuhan a) Fotoperiodisme Lama penyinaran relative antara siang dan malam dalam 24 jam akan. Faktor esensial pertumbuhan dan perkembangan tanaman; Cahaya memegang peranan penting dalam proses fisiologis tanaman, terutama fotosintesis.

Author: Nikomuro Tejind
Country: Brazil
Language: English (Spanish)
Genre: Environment
Published (Last): 8 August 2014
Pages: 196
PDF File Size: 13.28 Mb
ePub File Size: 13.37 Mb
ISBN: 294-2-56829-727-3
Downloads: 95598
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Milabar

Ada tanaman yang tahan mampu tumbuh dalam kondisi cahaya yang terbatas atau sering disebut tanaman toleran dan ada tanaman yang tidak mampu tumbuh dalam kondisi cahaya terbatas atau tanaman intoleran.

Fototropisme adalah pergerakan pertumbuhan tanaman yang dipengaruhi oleh rangsangancahaya6. Tujuan Tujuan dari makalah ini adalah: Contoh dari fototropisme adalah pertumbuhankoleoptilrumputmenuju arah datangnya cahaya.

Respons fisologis terhadap fotoperiode, seperti pembungaan, disebut fotoperiodisme photoperiodism Campbell, dkk. Kombinasi suhu dan panjang hari yang mengontrol pertumbuhan vegetatif dan generatif pada beberapa jenis tanaman hari panjang sebenarnya dapat diciptakan dengan perlakuan-perlakuan terhadap tanaman. Cahaya Optimal bagi Tumbuhan Kebutuhan minimum cahaya untuk proses pertumbuhan terpenuhi bila cahaya melebihi titik kompensasinya Wirakusumah, Fotoperiodisme adalah respon dari suatu organisme terhadap lamanya penyinaran sinar matahari Fotoenergetic adalah pertumbuhan yang dipengaruhi oleh banyaknya energy yang diserap dari sinar matahari oleh bagian tanaman Fotodestruktif adalah tingginya intensitas cahaya yang mengakibatkan fotosintesis semakin tidak bertambah lagi dikarenakan tanaman mengalami batas titik jenuh cahaya sehingga bukan menjadi sumber energy tetapi sebagai perusak4.

Tetapi tanaman berhari pendek tidak berbunga di hari pendek di awal musim semi, dan akan berbunga di hari pendek pada akhir musim panas.

fotoperiodisme tumbuhan pdf reader

Makanan yang dihasilkan akan menentukan ketersediaan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan Annonymous, Tumbuhan hari netral contohnya mentimun, padi, wortel liar, dan kapas. Untuk dapat memperoleh energy bagi pertumbuhan dan perkembangannya, tumbuhan memerlukan sejumlah cahaya minimal. Fotoperiodisme Fotoperodisme adalah respon tumbuhan terhadap lamanya penyinaran panjang pendeknya hari yang dapat merangsang pembungaan.

  EXALTED SIDEREALS PDF

Dedaunan yang mendapat cahaya dengan intensitas yang tinggi, kloroplasnya berbentuk cakram, posisinya sedemikian rupa sehingga cahaya yang diterima hanya oleh dinding vertikalnya. Some of the most commonly used functions of conio. Tumbuhan akan tetap aktif dan berbunga sepanjang tahun asalkan faktor- faktor lainnya dalam hal ini suhu, air, dan nutrisi tidak merupakan faktor pembatas Syamsuri, Di daerah garis lintang rendah, cahaya matahari menembus atmosfer dan membentuk sudut yang besar fotoperuodisme permukaan bumi.

Hidrologi – Bab 4 Documents. Secara struktur kimia, bagian sensor fitokrom adalah suatu kromofor dari kelompok bilin jadi disebut fitokromobilinyang masih sekeluarga dengan klorofil atau hemoglobin kesemuanya memiliki kerangka heme. Batasan Masalah Yang menjadi batasan masalah pada makalah ini antara lain adalah pengertian dan mekanisme fotoperiodisme, peran fitokrom dalam fotoperiodisme, dan mekanisme vernalisasi.

Titik KompensasiDengan tujuan untuk menghasilkan produktivitas bersih, tumbuhan harus menerima sejumlah cahaya yang cukup untuk membentuk karbohidrat yang memadai dalam mengimbangi kehilangan sejumlah karbohidrat akibat respirasi. Cahaya matahari juga merupakan unsur vital yang dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai produsen untuk berfotosintesis.

Di daerah khatulistiwa, tingkah laku tumbuhan sehubungan dengan fotoperiodisme ini tidaklah menunjukkan fotoperiodiame pengaruh yang mencolok. Tumbuhan hari pendek membutuhkan waktu malam yang lebih panjang untuk berbungaakan terhambat bila dalam waktu malammnya diseling ada cahaya dalam waktu singkat. Your consent to our cookies if you continue to use this website. Tanaman intermediate memerlukan pertumbuhan vegetatif tertentu sebagai tahap untuk menuju tahap pembungaan tanpa dipengaruhi oleh fotoperiode.

Dengan demikian, jumlah auksin di bagian yang gelap akan tummbuhan banyak daripada di bagian yang terang. Yang paling efektf adalah cahaya merah jauh yang menghambat pembungaan tumbuhan hari pendek.

  ADAM SIKORA WDKARSTWO MUCHOWE PDF

Paper Hidrologi

Kejadian musiman sangat penting dalam siklus kehidupan sebagian besar tumbuhan. Cahaya dibutuhkan oleh tanaman mulai tumbuhna proses perkecambahan biji sampai tanaman dewasa. Kepentingan Intensitas CahayaIntensitas cahaya dalam suatu ekosistem adalah bervariasi.

Kekurangan cahaya matahari akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhanmeskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan. Namun, para ahli menyakini bahwa fototropisme tidak hanya dipengaruhi olehfotoreseptor, tetapi juga dipengaruhi oleh berbagai macamhormondan jalursignaling.

Penemuan fotoperiodisme merangsang banyak sekali ahli fisiologi tanaman untuk mengadakan penyelidikan tentang proses itu lebih jauh dalam usahanya untuk menentukan mekanisme aksi. Intensitas cahaya terbesar terjadi di daerah tropika, terutama daerah kering tumbuhzn aridsedikit cahaya yang direfleksikan oleh awan.

Oleh karena itu tanaman yang tumbuh di daerah tropik pada umumnya adalah tanaman intermediate.

Fotoperiodisme

Tanaman intermediate dalam zona sedang bisa berbunga dalam beberapa bulan. Semua proses fisiologi akan dipengaruhi oleh suhu dan beberapa proses akan tergantung dari cahaya dan temperatur. Ada tiga aspek penting yang perlu dikaji dari faktor cahaya, yang sangat erat kaitannya dengan sistem ekologi, yaitu: Preliminary characterization of West and Central African pearl millet germplasm, Journal Icarisat, 5: Beberapahipotesismenyebutkan bahwa hal ini dapat disebabkan kecepatan pemanjangan sel-sel pada sisi batang yang lebih gelap lebih cepat dibandingkan dengan sel-sel pada sisi lebih terang karena adanya penyebaranauksinyang tidak merata dari ujung tunas.

Besarnya energi matahari yang diterima oleh tanaman tidak sama dari musim ke musim dan latitude ke latitude lainnya.